GAMBARAN DAJJAL MENURUT AL-HADITS

GAMBARAN DAJJAL MENURUT AL-HADITS

 

Segala macam keistimewaan yang kami lihat pada peradaban Barat sekarang ini, semuanya sesuai dengan ciri-ciri Dajjal yang dilihat oleh Nabi Muhammad SAW dalam ru’yah. Memang benar bahwa bangsa-bangsa ini mempunyai sedikit perbezaan satu sama lain, tetapi ada satu hal yang semuanya sama. Dan ciri yang sama inilah yang digambarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam memberi gambaran tentang Dajjal.

 

Kami hanya akan mengutip Hadits-hadits yang menguraikan ciri-ciri Dajjal. Marilah kita mulai dengan Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari :

 

1. “Dan aku melihat orang yang berambut ikal pendek, yang mata-kanannya buta Aku bertanya: Siapakah ini? Lalu dijawab, bahwa ia adalah Masihid – Dajjal” (Bukhari 77:68,92)

 

2. “Awas! dia pecak (buta sebelah)… dan diantara dua matanya, tertulis ‘Kafir’…” (Bukhari 93:27).

 

Dari gambaran tersebut dapatlah kami catat:

1. Bahawa mengenai bentuknya, Dajjal digambarkan berbadan kekar.

2. Bahawa roman-mukanya putih dan mengkilat.

3. Bahawa rambut kepalanya pendek dan ikal.

 

Tiga gambaran ini sesuai sekali derigan bentuk orang-orang Eropah pada umumnya. Mereka itu pada umumnya berbadan kekar; bertubuh baik dan kuat; rambutnya pendek dan ikal, sampai-sampai wanitanya pun memotong pendek rambutnya; kulit mereka putih dan mengkilat. Jadi, gambaran tentang ciri-ciri Dajjal tersebut, cocok sekali dengan perwujudan orang-orang Eropah.

 

Adapun dua ciri lainnya, yakni, bahwa mata kanan Dajjal buta, dan pada dahinya tertulis kaf, fa’dan ra’ atau kaflr, ini menggambarkan keadaan rohani Dajjal yang sebenarnya. Sebagaimana telah kami terangkan, Dajjal menggambarkan suatu bangsa. Sebagai bangsa, tak mungkin semuanya buta mata jasmaninya.

 

Selain itu, Dajjal yang digambarkan buta mata kanannya, mata-kiri Dajjal digambarkan bersinar gemerlapan bagaikan bintang. Dengan perkataan lain, mata-kanan Dajjal digambarkan hilang cahayanya, tetapi mata-kirinya bersinar terang. Penjelasan yang diberikan oleh Imam Raghib tentang mata Dajjal yang buta sebelah kanannya, sungguh ilmiyah sekali. Pada waktu menjelaskan erti kata al-Masih, beliau menerangkan bahawa kata masaha bererti menghapus sesuatu, lalu beliau menambahkan keterangan sbb:

 

“Diriwayatkan bahawa mata-kanan Dajjal hilang penglihatannya, sedangkan nabi ‘Isa mata-kiri beliaulah yang hilang penglihatannya; dan ini bererti bahawa Dajjal tak mempuyai sifat-sifat akhlak tinggi, seperti misalnya kearifan, kebijaksanaan dan rendah hati; sedangkan nabi ‘Isa tak mempunyai kejahilan, keserakahan, kerakusan dan sebagainya yang termasuk jenis akhlak yang rendah”.

 

Jadi, gambaran Dajjal buta mata-kanannya janganlah ditafsirkan secara harfiyah, melainkan secara kalam ibarat, yakni harus diertikan bahawa Dajjal tak mempunyai akhlak yang baik.

 

Bahwa dua mata manusia itu, yang satu digunakan untuk melihat hal-hal yang berhubungan dengan kerohanian dan agama, dan yang satu lagi digunakan untuk melihat hal-hal yang berhubungan dengan kebendaan dan keduniaan. Oleh kerana hal-hal yang berhubungan dengan agama dan kerohanian itu lebih tinggi kedudukannya daripada hal-hal yang berhubungan dengan kebendaan dan keduniaan, maka buta mata kanan Dajjal bererti bahwa Dajjal sedikit sekali perhatiannya terhadap hal-hal yang berhubungan dengan agama atau kerohanian, dan ini sesuai sekali dengan apa yang dialami oleh bangsa-bangsa Eropah sekarang ini.

 

Seluruh parhatian mereka ditujukan kepada hal-hal yang berhubungan dangan kebendaan dan keduniaan dan kemajuan mereka dalam bidang ini tak ada bandingannya. Inilah yang dimaksud dengan apa yang diuraikan dalam Hadits, bahwa mata-kiri Dajjal bersinar gemerlapan bagaikan bintang. Ertinya, Dajjal mampu melihat segala macam barang-barang duniawi, yang bangsa-bangsa lain tak mempunyai pengertian tentang itu. Tetapi mata rohani Dajjal tak mempunyai penglihatan yang tajam, kerana semua kekuatan Dajjal dihabiskan guna kepentingan urusan duniawi. Sukses Dajjal yang tak ada taranya dalam urusan duniawi mengakibatkan buta sebelah. Penjelasan ini sungguh mengagumkan dan sesuai sekali dengan apa yang dikatakan oleh Al-Qur’an  tentang bangsa-bangsa Kristian:

 

“Orang-orang yang usahanya menderita rugi dalam kehidupan dunia, dan mereka mengira bahawa mereka amat pandai dalam membuat barang-barang” (18:104)

 

Hadits Nabi melukiskan hal ini dengan kalam ibarat, bahwa mata kiri Dajjal, yaitu, mata-duniawi bersinar gemerlapan bagaikan bintang. Adapun keadaan rohani bangsa-bangsa Dajjal Allah berfirman sbb:

 

“Mereka adalah orang-orang yang mengkafiri ayat Tuhan, dan (mengakhiri) perjumpaan dengan Dia” (18 : 105).

 

Hadits Nabi menjelaskan hal ini dengan caranya sendiri, yaitu, bahwa mata-kanan Dajjal tak mempunyai kekuatan untuk melihat ayat Tuhan.

 

Tanda Dajjal yang lain, yakni tulisan kafara atau kafir pada dahinya ini berkenaan pula dengan keadaan rohaninya. Jika orang berkata, bahwa pada dahi seseorang terdapat tulisan anu, ini sama ertinya dengan mengatakan, bahwa anu itu adalah fakta senyata-nyatanya bagi dia. Maka dari itu, uraian Hadits bahwa pada dahi Dajjal terdapat tulisan kafir, ini hanyalah bererti bahawa kekafiran itu merupakan kenyataan yang senyata-nyatanya bagi dia.

 

Kata-kata Hadits itu sendiri sudah menerangkan; bahawa demikian itulah nyatanya. Pertama-tama, Hadits menerangkan bahawa tiap-tiap mukmin dapat membaca tulisan itu; jadi bukan tiap-tiap orang dapat membaca tulisan itu. Lalu ditambahkan kata penjelasan tentang orang mukmin itu, yakni, “baik ia buta huruf atau mengerti tulis menulis.” Ertinya, tiap-tiap orang mukmin dapat memahami tulisan itu, baik ia mengerti tulis-menulis atau tidak.

 

Sudah terang, bahawa tulisan yang dapat dibaca oleh tiap-tiap orang mukmin, baik ia mengerti tulis-menulis atau buta huruf, tak mungkin berwujud kata-kata atau huruf. Jika tulisan itu berwujud kata-kata atau huruf, niscaya tak dipersoalkan lagi apakah pembacanya mukmin atau kafir, demikian pula tak perlu dinyatakan bahawa orang mukmin dapat membaca tulisan itu sekalipun ia buta-huruf.

 

Kepandaian membaca tulisan, tak ada sangkut pautnya dengan urusan iman. Setiap orang yang tak buta huruf pasti dapat membaca tulisan, sedangkan orang buta huruf, sekalipun ia orang mukmin sejati, ia tetap tak dapat membaca tulisan. Oleh kerana itu, tulisan yang dimaksud bukanlah tulisan biasa, melainkan menifestasinya perbuatan seseorang. Pernyataan bahwa tulisan itu hanya dapat dibaca oleh orang mukmin saja, ini bererti, bahwa orang kafir tak pernah sedar akan kekafirannya, sehingga membutakan mata orang mukmin untuk membaca buruknya kekafiran mereka.

About these ads

23 Responses

  1. isinya mohon di tambah lagi.apalagi mengenai hadist nabi.

  2. di kota manakah dajjal tidak mau menempatinya,dan dimana dajjal tinggal sekarang,apakah betul dajjal sekarang tinggal di dalam segitiga bermudah?

  3. APAKAH DAJAjal itu besar

  4. Dajjal tidak dapat singgah di kota mekkah, madinah…

    Ada yg bisa menambahkan?

    • dajjal tidak bisa masuk ke kota mekkah tapi Ia dan pengikutnya memanggil kaumnya di negeri tersebut yang munafik,ini seingat saya yang saya dengar waktu itu dari radio rodja wallahualam bisshowab

  5. benarkah dajjal bermata satu ?
    benarkah orang yang beriman dapat melihat perkataan ‘kafir’ di atas kepalanya

  6. saya sudah berfikir tntg perihal ini dari pelbagai sudut semasa.

    1.ya,dajjal tidak akan memasuki kota Makkah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawwarah kerana di kota itu terdapat malaikat2 menjaganya dengan pedang terhunus.

    2.segitiga bermuda itu byk pendapat yg mengatakan di situ dajjal tinggal,tp ade juga pendapat yg x bleh dicanggah seperti bermuda tempat tentera yg terdiri daripada jin berkumpul di situ.

    3.dajjal itu besar maksudnya (pada pendapat saya) penipuan dajjal kepada seluruh manusia terlalu besar,dan kezaliman yg dia berikan kpd org yg menentangnya juga besar sperti saudara kita di Palestin.

    4.Tentang dajjal itu bermata satu tetapi dapat melihat segala perkara yg berlaku di dunia dan mata kanannya buta umpama satelit yg berada di angkasa raya,juga internet yg kita gunakan ini,televisyen,radio dan lain2 lagi juga pemberi maklumat kepada sang dajjal,owh tidak lupa juga adanya agen2 dajjal.

    5.dajjal menyebarkan ajarannya melalui para pendakwah palsu,media massa,hiburan terutamanya yg telah mencorakkan kehidupan anak muda sekarang ini…

    insyaAllah ini hanya pendapat saya melalui pembacaan di internet dan buku2 ilmiah
    segala silap dan salah saya mohon maaf…sebagai umat Islam kita mesti menuntut ilmu agama kemudian berfikir tentang tujuan Allah menghidupkan kita di masa akhir zaman ini…berfikir adalah sebaik-baik zikir..
    Wallahu ‘alam

  7. dajjal tak lama lgi dtang dgan konspirasi media yg slalu dtyangkan dtelevisi, ank muda dengan bangganya menggunakan almamater pengikut setan jauh dari pelukan ALLAH SWT,,
    dajjal tidak lain adalah dimana zaman zahilliyah terulang kembali,,

  8. hati2,kcerdasan dajjal 1000 thn lbih maju dr manusia biasa,,

  9. pandangan tentang dajal sya fikir jgn disamakan seperti rupa bentuk fizikal manusia tetapi kepada perumpamaan sifat2 lazim manusia. Seperti satu mata – harus diterjemahkan sebagai org/bangsa yg melihat baik atau buruk hanya menurut pandangan mereka sahaja.. sebab kadang2 ditokok tambah kisah2 dajal ini tak ubah seperti cerita zaman purbakala yg amat tidak wajar pada zaman sekarang. Ada yg mentafsir seperti gergasi! seperti lembaga yg sedang diikat di dlm alam misteri menanti masa untuk dilepaskn… dan para ulama sendiri berlainan pendapat tentangnya… waulahualam.

  10. tolong..lebih luas dalam penjabaran tentang dajjal

  11. masyaallah ,bener tidak apa bila ada salh satu diantara manusia ada yang bertemu dajjal .maka akan mendekati kiamat pula ????

  12. Hati Hati Dngan Rayuan Dajjal yg amat licik sekali ???? wahai umat islam jngan pernah km meninggal kan solat karean solat adalah yg terpenting setelah mengucapkan syahadat

  13. makanya pada rajin salat , apakah benar dajjal sekarang lagi dirantai di sebuah pulau?dan kalau kita beriman (rajin salat&ngaji),rantai itu akan terus erat,tapi kalau kita imannya berkurang,rantai itu akan lepas dan dajjal akan terus berkeliaran , dandalam waktu 40 hari dunia akan kiamat.

  14. boleh berikan fatwanya

  15. saya ga ngerti kaitannya dajjal dgn anti-kristus (yg mana muslim tdk percaya kristus adl Isa AS), Sai Baba & teori2 pendakwah palsu. ini kok kayak ada pencampuradukan kepercayaan dan pengadudombaan thp sesama pendakwah. saya jg blm nemu referensi dajjal itu di qur’an. pdhl bila dajjal sedemikian dahsyat bahayanya mestinya dada referensi di kitab Qur’an.
    mohon pencerahannya

    • Se tahu saya dajjal itu akan kluar dri perut bumi apabila azan tidak d komandangkan lagi, dan dajjal tdak than slama ini dgn suara suara kumandang azan, dia trus ber sembunyi d perut bumi, sampai sekutuna ber hasil menyudutkn islam. D permukaan bumi dajjal un keluar dan memberi ancman kpada manusia, berupa membawa sperti surga n neraka, dmana suangai seperti surga adlah neraka dan sungai sprti neraka adalah surga, dia ber mata satu sebelah kiri dan bercahaya gelap, sedangkan mata kananna seperti tertutupi daging yg tebal, d dahi na atau un d antara 2 matana terdapat jlas tulisan kafir hal ini mungkin berbntuk lambang kfir d jaman itu, yg dpat d mengerti smua umat yg beriman meskiun tak dapat membaccanya, dia membawa keledai yg besar memakan api dan mengeluarkan asap, kendaraannya (keledai) dapat merjalan cepat seperti pesawat terbang atau semacamna yg mungkin melambangkan keledai, tiadk satu jengkal un yg tidak. Lepas drina selain kota makkah dan madina, sbab kota suci itu sudah dri zaman kelahiran nabi saat perang gajah telah d lndungi oleh malaikat, dan manusia banyak nntina berlindung d sana baik yg kafir d munafiq, orang orng kafir n munafik itu un akan keluar saat gempa sebanyak 3 kali menggoncang madina dan makkah, mereka seolah” mencari perlindungan d luar… Dan oloh menyaring orang” mukmin d antara na…
      Kedatangan nabi isal al masih,
      Isa a.s, akan membawa perajurit perang untuk melawan dajjal sebelum bersamaan imam mahdi, kekuasaan dajjal sangat singkat setelah perlawanan dari Isa a.s, dan sahabat”na, dan isa a.s memimpin manusia kelak setela perang itu usai, dan Isa a.s wafat d bumi, kedamain akan terus berlangsung slama d bawah k pemimpinan Nabi kita Isa a.s, namun setelah wafatna Isa a.s, tercipta kembali sifat” manusia” yg busuk yg menimbulkan kedatangan kiamat…
      So, kedatangan dajjal suatu tanda sangat besar na hari kiamat itu akan tiba…
      Smoga kita ada d saat dajjal keluar dan dapat ikut bejihat melawan na, untuk membuktikan keimanan kita kepada ALLAH SWT, amin..
      Smoga kita d beri Hidayah smua… Klo mau lebih banyak cerita tentang dajjal silahkan hub saya ahmad NST, kita bisa silaturahmi, karna silaturahmi sunah Rhosul… Ni no saya, 085312359732 trimakasih… Wassallam…

  16. bknnya dajjal kluar dr timur ya?

  17. yang buta tu mata kanan atau kiri???
    kok beda,yang saya baca sebelumnya dengan ini??

  18. >>Dajjal keluar dr Amerika ..
    >>Yajuj dan Ma’juj dr Eropa, tepatnya Rusia seperti riwayat” yg diterangkan letak keluarnya, kurang lebih tidah jauh dr sana adalah negara Rusia sekarang ..

    Kenapa prediksi saya Dajjal keluar dr Amerika ..?
    Baiklah, sekarang ada lg pertanyaan, bukankah katanya sekarang sudah diakhir Zaman ..?

    Tak dpt kita pungkiri kekuasaan Amerika saat ini, kedikdayaannya, pengaruh internasional, dan semuanya bermula dan menjadi patokan negara” saat ini ..
    Perlu di ingat, hanya merekalah saat ini yg benar” membinasakan bangsa islam seperti yg kita tau sekarang ..

    Rusia adlh negara yg paling ditakuti Amerika, bahkan sampai sekarang kita kenal saat ini dngn PERANG DINGIN. Mereka slalu bersaing dlm segala tekhnologi trutama senjata. Dlm segala kekacauan meraka slalu menjadi aktor pemasok senjata kedua kubu ..
    Mngkin kalau sekarang bisa kita lihat antara Pemerintah Suriah dan Oposisinya ..
    Kalau seandainya tidak kalah pamor dngn Amerika mungkin mereka bisa lebih parah, seperti halnya yg digambarkan bagaimana merusaknya bangsa Yajuj dan Ma’juj ..

    Sedikit mnggelitik pikiran saya, bukankah Yajuj dan Majuj keluar setelah Dajjal mati?
    Kita ibaratkan seandainya Amerika hancur, saya yakin 100% Rusialah yg akan maju sebagai penerus kehancuran dunia .. (secara dngn kekuatan perangnya dia saat ini)

    @_ Benar kalau secara Harfiyah kita tdk bisa menyebutkan bahwa Matanya picak, atau didahinya bertuliskan kafir, itu terlalu mudah ditebak .. Saya sngat setuju untuk penggambaran yg disampaikan ..

    Seprti hadist Rosululloh : Dajjal menunggang sebuah sebuah kendaraan (tunggangan) yg bisa terbang dan tunggangannya mengeluarkan kotoran api/putih (asap) ..
    #mohon untuk dibantu apabila ada kesalahan dlm hadist yg prnh saya dengar ini ..

    Kita bisa tebak apa itu sekarang, ”PESAWAT TERBANG”,, Kalau kita gambarkan bahwa Dajjal itu adlah makhluk raksasa yg menyeramkan, mungkin kalau dngn melihat keadaan sekarang kurang tepat rasanya ..
    Karena kita kembali pada hal” sebelumnya, bahwa semuanya adalah penggambaran dan agar kita selalu berpikir dan mentela’ah semuanya ..

    Menurut saya Dajjal adalah : Seorang pemimpin bangsa” kafir, mngkin kalau sekarang adalah Presidennya.
    Dia manusia biasa, hanya saja dia berakhlak paling DURJANA ..
    Dan Imam Mahdipun demikian, seorang pemimpin sebuah negara atau mngkin kelompok yg bisa mempengaruhi semua pemimpin” Islam dunia untuk bersatu ..
    (Hal yg paling ditakuti Kafir saat ini adalah terbentuknya ke KHILAFAHan)

    Sehingga murkalah DAJJAL dan terjadilah peperangan, mungkin dr sinilah peperangan besar didunia terjadi lagi ..
    ”PERANG DUNIA KETIGA”

    #hanya Allah yg maha mengetahui kebenarannya.

    Wassalamu ‘alaikum warahmatullohi wabarokatu ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: